Introduction To Feng Shui

Posted: Saturday,November 8, 2008 in Fengshui
Tags:

Saat kita ingin memilih rumah, membangun rumah, menata letak kasur, lemari, tv, aquarium, meja, kursi, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan isi dari gedung, rumah atau tempat tinggal, ada kalanya orang tua kita terkadang sedikit menekankan fengshui ini. Entah kenapa fengshui ini telah melekat pada masyarakat tionghua dari dulu. Akan tetapi semua kembali pada mereka yang percaya atau tidak.

Untuk itu penulis menjadi bertanya kembali apa seh fengshui itu?!! Sampai di tv, koran, dan media lainnya ramai membicarakan. Ya, banyak definisi yang mendeskripsikan apa itu arti dari fengshui sendiri. Saya merangkumnya ke dalam tulisan ini.

Ada banyak sekali definisi tentang fengshui. Di dalam literature, “feng” berarti angin, dan “shui” berarti air. Inilah dua hal yang sangat penting dalam geomansi tionghua.

Feng sendiri tidak selalu berarti angin dan udara, namun juga tentang energi abstrak dan tak terlihat. Angin berhembus sepanjang kontur bentangan alam dan kemudian, berhamburan di dalam air. Jika energi ini positif, akan berinteraksi dengan air dan memberikan sheng chi, atau energi menguntungkan. Sha chi atau energi “pembunuh”, berjalan lurus dan merugikan, bisa “membunuh” keberuntungan Anda.

Angin membawa energi masuk ke dalam rumah kita melalui pintu, jendela, cerobong asap, dan ventilasi udara.

Dalam dunia modern, shui termasuk air, tidak hanya yang ada di dalam sungai dan laut, namun juga buatan manusia seperti tangki air, pipa ledeng, dan drainase.

Di kota-kota modern, shui termasuk jalan raya, jalan bebas hambatan, dan jalur kereta api. Jadi, juga meliputi berbagai aspek fisik yang terlihat mata, yang ada di dalam lingkungan kita.

Masyarakat tionghua telah menemukan bahwa angin dan air membawa energi kehidupan yang tak terlihat, yang disebut ch’i. Kekuatan alam ini ada di sekitar kita dan dapat mempengaruhi secara signifikan lingkungan kita.

Kekuatan abstrak ini bergerak secara dinamis sesuai dengan pola yang pasti. Kekuatan tersebut dapat mempengaruhi kita secara positif atau negatif.

Sebagai contoh, jika pintu rumah kita menghadap jalan lurus atau koridor sempit, ini akan mengundang sha ch’i. Dengan mengetahui prinsip-prinsip fengshui, kita mampu untuk mengatasi sha ch’i ini.

Fengshui ini bertujuan mencari cara untuk membuat pengaruh yang baik dan menghindari yang buruk di dalam lingkungan kita. Menggunakan feng shui yang baik di tempat tinggal atau tempat kerja kita, dapat membantu menciptakan lingkungan yang harmonis, sehat, dan menguntungkan.

Yup2… Sementara segini dulu ya pengenalan fengshui nya.. Semoga sedikit bisa membukakan wawasan kita mengenai fengshui itu sendiri…:D

Sumber : Vincent Koh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s