Ulang Tahun Makan Mie…

Posted: Tuesday,November 4, 2008 in Live
Tags: , , ,

Sewaktu teman-temanku merayakan hari ulang tahunnya. Mereka selalu ditanya “coy dah makan mie blum?!!”. Dari sini saya menjadi teringat jaman-jaman saya merayakan ulang tahun di rumah bersama keluarga. Biasanya siang-siang waktu makan siang di kala itu sudah tercium aroma-aroma menggoda misoa yang kurindukan… Dengan hiasan telur dari telur merah.

Yang menjadi pertanyaan dalam diriku waktu itu adalah “kenapa sih kalau ulang tahun harus makan telur merah dan misoa??” Meski terkadang saya pun sering lupa akan jawabannya. Meskipun sebenarnya saya sendiri senang dimasakin misoa dan makan sampe bersih tuh mangkok.. hehe…Mari kita melihat kembali apa arti misoa dan teman-temannya.

Misoa, itu adalah makanan tradisional Cina, terbuat dari adonan tepung beras, dipilin dan ditarik hingga pecah menjadi helai-helai seperti rambut putih yang panjang. Karena itu Misoa melambangkan umur panjang, maka yang ulang tahun diberi hidangan misoa, maksudnya mendoakan supaya umurnya panjang sampai rambutnya putih semua. Hihihi…

Makanan lain yang punya maksud serupa adalah Mie. Makanya kalau ulang tahun, biasanya ada Mie ulang tahun. Itu serupa mie goreng, yang dimasak dengan daging dan beberapa macam sayur, dan diberi hiasan telur puyuh rebus yang digoreng. Wah ajib dehh..

Entah bagaimana ceritanya, tapi misoa dianggap makanan yang lebih bergengsi ketimbang mie. Lebih berharga, lebih mahal. Barangkali karena tekstur misoa yang lebih halus dan lebih lembut, lebih gampang dikunyah daripada mie. Karenanya kalau anak kecil atau orang tua yang ulang tahun, lebih baik disuguhi misoa daripada Mie. Misoa juga menjadi kado yang dianggap layak dibawa kalau mengunjungi senior/ kerabat yang sudah berumur.

Lalu bagaimana dengan telur merah? Katanya, jaman dulu masih miskin, telur itu dianggap makanan istimewa, levelnya setingkat dibawah daging. Tapi telur yang direbus begitu saja tampak kurang menarik, maka khusus untuk yang ulang tahun telur ini diberi pewarna merah. Karena merah adalah warna yang melambangkan kebahagiaan. Artinya mengharapkan yang ulang tahun mendapatkan kebahagiaan.

Tanggal kelahiran merupakan sesuatu yang penting bagi orang cina. Sebab tanggal kelahiran dipercayai memberi makna dalam sepanjang hidupnya. Tanggal lahir orang, menentukan nasibnya, tabel kecocokannya dengan orang orang tertentu dan tanggal-tanggal tertentu. Makanya tanggal lahir menjadi begitu penting.

Tapi perayaan ulangtahun Cina tidak dirayakan setiap tahun. Ada siklus tanggal tertentu yang dianggap penting. Misalnya ulangtahun ke 60. karena dianggap sudah memenuhi satu siklus hidup. Tahun2 Cina kan dibagi menjadi 12 shio, dan 5 elemen. Pada tahun ke 60 itu ia akan ketemu shio yang sama dan elemen yang sama dengan hari kelahirannya, maka dianggap sebagai satu siklus, biasanya dirayakan agak meriah.

Berikutnya adalah ulangtahun ke 80. Ulangtahun ke 80 itu dianggap sudah dapet bonus. Orangtua yang sudah 80 tahun dianggap beruntung / Hoki karena berumur panjang. Sudah melalui perjalanan hidup dan dianggap sudah memperoleh kebijaksanaan, sehingga ada aturan tidak tertulis yang bilang PANTANG untuk membantah senior yang sudah 80 tahun. Apapun yang dikatakannya tidakboleh dibantah. Jadi pengen… Hahahahaha…

Setelah itu ulangtahun ke 100. Jaman sekarang kayaknya udah jarang deh yang bisa merayakan ultah ke 100 ini. Tapi kalau bisa, itu dianggap sudah setengah jalan menjadi dewa, sebab dewa-dewa bisa berumur ratusan tahun, seratus tahun dianggap punya harapan jadi dewa… Itu katanya… hihihi…

Met ultah yee bagi yang merayakan di hari ini.. Jangan lupa makan mie…😀

Comments
  1. £òüí§ says:

    Wah… bagus Wi ^^
    Kalo ada adat budaya warisan nenek moyang yang lain lagi, tulis lagi ya Wi ^^
    Terutama yang tata cara lamaran itu Wi :p
    Kan berguna tuh buat kita-kita yang bingung.
    Wekekekeke.

  2. denysutani says:

    huahau wilo ud ngebet nikah y??

    Kata ortu sih pas ultah makan mie itu biar panjang umur, soalnya kan mie ukurannya panjang2.

  3. wihemdra says:

    @ £òüí§ : Wahh gw sendiri agak-agak lupa will klo masalah lamaran. Mesti tanya ke nyokap lagi. hehe… Nti kalo iseng gw baru post yahh..😀

    @ denysutani : Sepertinya willo sedang sibuk menyiapkan pernikahannya.. Tapi ini yg keberapa wil?!! wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s