Lika Liku Belerang [SO2]

Posted: Wednesday,October 8, 2008 in Health
Tags: , ,

Bumi memang memiliki banyak potensi yang tidak ada batasnya. Dari dulu hingga sekarang manusia mengolah potensi bumi ini untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mineral dan batubara yang terkandung dalam bumi pun sangatlah banyak dan mungkin tidak terbatas.
Bahkan ada beberapa mineral yang mungkin sampai sekarang belum diketahui keberadaannya. Yang nantinya akan terus bertambah dan menjadi bagian menarik dari para ilmuwan untuk ditelurusi lebih lanjut.
Penulis mengangkat topik belerang sebagai salah satu sumber bumi yang kaya di Indonesia. Berikut adalah informasi mengenai belerang yang didapat dari berbagai sumber terpercaya.
Seperti kita ketahui, belerang atau sulfur adalah mineral yang dihasilkan oleh proses vulkanisme.

Sifat-sifat fisik belerang adalah :
– Kristal belerang berwarna kuning, kuning kegelapan, dan kehitam-hitaman, karena pengaruh dari unsur pengotornya.
– Berat Jenis ialah 2,05 – 2,09
– Kekerasan : 1,5 – 2,5 pada skala MOhs
– Ketahanan : getas atau mudah hancur(brittle)
– Pecahan : berbentuk konkoidal dan tidak rata
– Kilap : damar
– Goresan berwarna putih

Sifat-sifat lainnya adalah :
– Tidak larut dalam air, atau H2S04
– Titik lebur 129 C
– Titik didih 446 C
– Mudah larut dalam CS2, CC14, minyak bumi, minyak tanah, dan anlin
– Pengantar panas dan listrik yg buruk
– Apabila dibakar apinya berwarna biru dan menghasilkan gas-gas SO2 yang berbau busuk

Kegunaan dari Belerang :
Belerang banyak digunakan di industri pupuk, kertas, cat, plastik, bahan sintetis, pengolahan minyak bumi, industri karet dan ban, industri gula pasir, accu, industri kimia, bahan peledak, pertenunan, film dan fotografi, industri logam dan besi baja.

Lokasi Penggalian Belerang :
Potensi dan penyebaran endapan belerang Indonesia saat ini baru diketahui di enam propinsi. Dengan total cadangan sekitar 5,4 juta. Untuk tipe sublimasi, karena proses terjadinya didasarkan kepada aktivitas gunung berapi, maka selama gunung berapi aktif, belerang tipe ini dapat diproduksi. Dengan demikian sumber daya belerang sublimasi dapat dianggap tidak terbatas.

Beberapa Effect dari Sulfur :
Sulfur dioxide (SO2) memiliki cakupan-cakupan yang sangat mengganggu. Bila kita menghirup SO2 hanya menembus sejauh hidung dan tenggorokan maka sejumlah kecil konsentrasi SO2 akan mencapai paru-paru. Akan tetapi jika menghirup secara berat dalam artian ada di lokasi gas belerang dalam waktu yang lama, maka bernapaslah hanya melalui mulut atau konsentrasi dari SO2 akan menjadi tinggi.
Efek dari gas belerang terhadap manusia sangatlah bervariasi. Dimana dengan konsentrasi rendah pada 1ppm yang telah dihirup manusia akan mengalami pengurangan fungsi paru-paru. Meskipun pada penelitian terhadap 7 sukarelawan hanya 1 orang yang mengalami efek tidak baik pada 1 ppm. Jika selama 10 hingga 30 menit kedapatan konsentrasi mencapai 5 ppm akan mengakibatkan sesak napas
pada cabang tenggorokan kita. Bila kedapatan selama 20 menit mencapai konsentrasi 8 ppm akan memerahkan tenggorokan, gangguan pada hidung, dan iritasi pada tenggorokan. Sekitar 20 ppm merupakan titik kritis dari iritasi konsentrasi SO2, meskipun ada beberapa laporan bahwa ada orang-orang yang bekerja pada konsentrasi melampaui 20 ppm. Konsentrasi sebesar 500 ppm sangat tidak dianjurkan untuk dihirup oleh manusia.
Pada Beberapa kasus dimana terdapat konsentrasi SO2 yang sangat tinggi pada ruangan tertutup, dapat mengakibatkan gangguan saluran udara, hypoxemia (kekurangan oksigen pada darah), dan kematian dalam hitungan menit. Efek dari pulmonary edema(gangguan pada paru-paru) meliputi batuk dan napas pendek yang dialami selama berjam-jam atau berhari-hari setelah kedapatan menghirup konsentrasi SO2. Gejala-gejala ini menyakitkan hati dan menguras tenaga. Hasil dari kedapatan menghirup konsentrasi dalam waktu yang sering, akan melukai paru-paru secara permanen.

Dari hasil uraian mengenai belerang tadi di atas, kita menjadi tahu bahwa belerang memiliki berbagai potensi yang dapat digunakan untuk kesejahteraan umat manusia, akan tetapi ada efek-efek lain dari belerang itu sendiri yang perlu kita perhatikan. Untuk itu kita perlu berhati-hati jika kita sedang berwisata ke tempat-tempat yang memiliki konsentrasi belerang yang kental. Bila kita kedapatan
mengalami berbagai gejala aneh akibat hasil dari kunjungan-kunjunga kita ke tempat-tempat berbelerang. Maka ada baiknya kita segera periksakan kesehatan kita. Karena kesehatan merupakan hal yang sangat utama dan berarti bagi kelangsungan hidup kita. Oleh karena itu penulis mengajak
para pembaca untuk Hidup Sehat Demi Kelangsungan Hidup Kita Sekarang, Nanti, dan Yang Akan Datang…

Comments
  1. rama says:

    tanks yaw akhirnya tugas q ketemu jg….

  2. ANAS says:

    berapa jumlah peratusan sulphur yang bersesuaian jika dicampurkan bahan tersebut kedalam formulasi krim rambut?

  3. DK says:

    Saya penyedia belerang dalam berbagai jenis dan manfaatnya masing2 spt yg tertulis di artikel atas. Sebulan bisa sampai 40 ton. ada yg berminat?? Reach: haulage20@gmail.com

  4. trima kasih atas referensinya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s